Kamis, 20 Maret 2014

Tips dan Trik Merawat Motor Honda Injeksi Agar Tetap Awet



CPJ BEKASI – Saat ini hampir semua motor Honda telah dilengkapi dengan Teknologi Injeksi, dan menurut kabar mulai tahun 2014, PT. Astra Honda Motor (AHM) akan meng-injeksikan semua motornya. Nah buat bro-sis yang sudah mempunyai Motor Honda Injeksi , pastinya ingin motor Honda Injeksi Anda selalu dalam kondisi prima. Kali ini saya mencoba memberikan tips sederhana untuk merawat Motor Honda Matik Injeksi khususnya untuk Honda BeAT FI :

1. Hal yang harus selalu dilakukan yaitu, sebelum Anda pergi menggunakan Motor Honda Matik Injeksi, ada baiknya Anda memanaskan mesinnya terlebih dulu dengan cara menghidupkan mesin 1 sampai 5 menit. Cara mengidupkannya pun jangan langsung dengan electric starter, tapi gunakanlah kick starter, diawali dengan beberapa kali ayunana pelan, lalu hentakkan sekaligus sampai mesin menyala. Kenapa harus dengan kick starter ?
  • Agar aki tidak cepat soak dan rusak, 
  • selain itu dengan kick starter dapat membantu cepatnya oli dari bak mesin naik, 
Sedangkan dengan electric starter
  • aki harus terkuras dengan menyerap arus hingga 500 watt yang menyebabkan aki cepat soak, 
  • dan juga oli lama naik.
2. Saat mengendarai Motor Honda Matik Injeksi, ada baiknya Anda tidak menggebernya terlalu cepat atau melajukan dengan cara melepas selongsongan gas dengan cepat atau lambat. Ini biasanya akan memperpendek usia mesin Motor Honda Matik Injeksi Anda. Kendarailah Motor Honda Matik Injeksi Anda dengan bijak.

3. Rajinlah mengganti oli transmisi Motor Honda Matik Injeksi secara rutin. Karena dengan demikian dapat memberikan solusi pada mesin ataupun komponen-komponen lainnya.

4.Diwajibkan untuk selalu memeriksa kondisi busi dan aki. Sebab kedua komponen ini merupakan hal yang sangat penting bagi Motor Honda Matik Injeksi. Apabila sudah rusak maka segera ganti dengan yang baru dan harus orisinil jika mau awet seperti bawaan pabrik.


5. Ini yang tidak kalah pentingnya, Anda harus selalu memeriksa kondisi vent belt dan roller secara teratur. Karena jika tidak Anda akan merasa tidak nyaman saat berkendara. Hal ini sudah saya alami beberapa waktu lalu, dan setelah saya periksa ke AHASS ternyata hal ini berpengaruh dari kondisi vent belt dan roller.

6. Motor Honda Matik Injeksi biasanya menggunakan single shockbreaker. Maka tidak ada salahnya jika Anda sering mengganti oli shockbreaker supaya tetap nyaman.

7. Hal terakhir yang tidak kalah pentingnya yakni, Anda harus selalu mengecek tangki bensin. Pastikan tangki bensin tidak pernah kosong, karena Motor Honda Matik Injeksi dianjurkan agar tidak mengisi bensin dalam keadaan tangki kosong, dan gunakanlah bensin yang sesuai. ( Dan jika terpaksa harus kosong, diusahakan beri jeda waktu kurang lebih 3 - 5 menit setelah bensin diisikan ke dalam tanki, baru motor dinyalakan dengan kick starter )

Itulah beberapa tips sederhana dari saya untuk menjaga Motor Honda Matik Injeksi Anda tetap awet. Semoga bermanfaat  dan  Jangan lupa dikomentarin ya

Salam Satu Hati !
Terima Kasih Anda Telah Membaca Artikel
Judul: Tips dan Trik Merawat Motor Honda Injeksi Agar Tetap Awet
Ditulis Oleh Muhamad Salam
Berikanlah saran dan kritik atas artikel ini. Salam blogger, Salam Satu Hati Terima kasih

5 komentar:

  1. Tipsnya sangat membantu.,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap...semoga tips ini jadi referensi buat anda. Terimakasih sudah berkunjung di blog kami

      Hapus
  2. kenapa ya vario saya gasnya selalu kendor

    BalasHapus
  3. kenapa standard tengah honda vario 125 kok macet (jadi susah untuk standard tengahnya)

    BalasHapus
  4. terus untuk apa starter electrik kalo resiko bahayanya seperti itu, hahahaha. ini mungkin tips jaman starter electrik
    baru ada,

    BalasHapus